Kategori
Prestasi

Tiga siswa SD RJ melaju ke tingkat Nasional, Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020

Tiga siswa SD Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh (SD I RJ) berhasil melaju ke tingkat Nasional dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020. Ketiga siswa itu, terbagi dari dua bidang studi, IPA dan Matematika.

Adalah Maura Rakhshanda serta Lukman Hadi Al Ghifari dari bidang studi IPA dan Akram Taimullah dari bidang studi Matematika. Ketiga siswa ini merupakan siswa kelas VI SD Islam Raudhatul Jannah.

Perlombaan tingkat provinsi ini berlangsung pada 7 oktober yang lalu melalui daring.

Akram salah satu siswa menyebut, “Saya ingin menjadi jawara di tingkat Nasional. InsyaAllah berkat tekad yang kuat, doa orangtua dan binaan dari guru-guru di SD I RJ, Insyallah mimpi itu akan terwujud.”

Sementara itu Erianto selaku kepala sekolah SD I RJ akan mempersiapkan pembinaan yang baik dan intensif agar para siswa mampu mengeluarkan seluruh kemampuannya dalam bertanding.

“Ada beberapa hal yang kecil namun saat pertandingan bisa menjadi kesalahan fatal. Seperti kecerobohan dan ketidaktenangan dalam menyelesaikan soal. Sebenarnya hal ini sangat manusiawi, namun melihat progres dari perlombaan tingkat kota hingga provinsi hal ini sudah mampu diminimalisir anak-anak kita. Saya optimis dengan kemampuan anak, InsyaAllah kita akan mendapatkan hasil yang terbaik.” Harapnya.

Lebih lanjut Eri menyampaikan Kita saat ini bukan lagi membawa nama SD I RJ melainkan nama provinsi Sumatera Barat, untuk itu kami akan mempersiapkan semuanya secara maksimal.

Pagelaran tingkat Nasional yang bergengsi ini atau dahulu bernama Olimpiade Sains Nasional (OSN) awalnya akan dilaksanakan di Surabaya mulai tanggal 30 oktober hingga 5 November mendatang, namun karena situasi Covid 19 yang belum mereda, kemungkinan besar perlombaannya masih dilaksanakan secara daring.

Kompetisi ini merupakan perlombaan tahunan yang diadakan kementerian pendidikan dan kebudayaan dalam mempersiapkan anak bangsa yang unggul dan kompetitif. Hasil perlombaan dari KSN ini menjadi pertimbangan untuk mewakili Indonesia dalam ajang KSN tingkat Internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *