Kategori
Buah Pikir

Terkadang Seseorang Lebih Khusyuk dalam Berdoa Ketimbang Sholatnya Sendiri

 

Dizaman millenial yang apa-apa serba trendi, menjadi momok bagi pemuda. Ini bukan hal yang menakutkan, namun ini adalah konflik batin pemuda dengan pemikiran serta situasinya. Sebagai contoh, launching handpone merk terbaru dengan series terbaru, semua pemuda akan berlomba lomba untuk membelinya dengan cara apapun.

Mirisnya, cara-cara tak lazim pun dipertontonkan, seperti salah satunya yang dilakukan pemuda-pemudi tersebut adalah menjual diri. Namun tidak semua kalangan dari pemuda-pemudi tersebut melakukan cara ‘kotor’ tersebut.

Adapula yang menggunakan akal sehatnya, caranya bukan tergolong ‘kotor’ namun cenderung ekstrem, seperti contohnya bekerja sampai melupakan tugas sekolah bahkan berhenti sekolah agar bisa leluasa bekerja agar keinginan mengikuti tren bisa diikuti. Adapun pemuda yang hanya dengan berharap, agar orang tua segera membelikan atau dikasih hadiah olehnya.

Pembahasan kali ini kita spesifikan cara pemuda yang terakhir, yaitu dengan doa dan harapan. Bagi umat muslim sangatlah lazim, jika usaha diiringi dengan doa. Namun, didalam sholat ada aturan bacaan yang tidak dapat dirubah, sehingga mereka tidak bisa menyebutkan keinginan, doa dan harapan mereka.

Akibatnya, mereka cenderung tidak khusyuk dalam sholat dan menyegerakan ingin berdoa agar hal-hal yang diinginkan bisa diucapkannya. Hal ini lah yang kita sebut dengan “Khusyuk dalam berdoa, ketimbang sholatnya sendiri”. Hal ini tentu bertolak belakang dengan prinsip-prinsip kehidupan yang salah satunya yaitu jika ingin sesuatu maka berusaha dan berdoalah. Sudah sholat tidak khusyuk, namun meminta nya dengan cara yang paling serius. Hal ini bisa diibaratkan seperti duduk ditepi menyedu air, berharap sampai dilidah adalah susu.

Ada pembahasan-pembahasan yang perlu kita ketahui, salah satunya orang yang berusaha tanpa berdoa adalah liberal dan orang yang berdoa tanpa berusaha adalah omong kosong. Apa solusinya jika disuruh memilih? Jawaban paling tepat adalah dengan melakukan keduanya, lakukan usaha maksimal dengan doa terkhusyuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *