Kategori
berita

SMA IBS RJ, Pamerkan Inovasi Eco Smart City di Transmart, Padang

SMA IBS RJ, Pamerkan Inovasi Eco Smart City di Transmart, Padang

SMA Islam Boarding School Raudhatul Jannah (SMA IBS RJ) memamerkan “Inovasi Eco Smart” dalam rangka gebyar pendidikan yang dilaksanakan mulai  tanggal 04 hingga 06 oktober di Transmart, kota Padang.

Dengan berkonsep Eco Smart City penghematan pintar bagi kota dengan mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari dengan tujuan untuk mempertinggi efesiensi, memperbaiki layanan publik, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ronaldi  Zamora selaku guru pembimbing menyampaikan, Ada 4 inovasi yang ditawarkan SMA IBS RJ untuk mencapai kota yang sehat dan ramah lingkungan. Pertama, Smart Lighting diterapkan untuk lampu penerangan dan lalu lintas. Dimana smart lighting berfungsi untuk menghemat energi dengan cara bekerjanya hanya hidup ketika kenderaan melewati penerangan tersebut, bila mobil telah melewati, lampu jalan tersebut akan mati otomatis.

Kedua, Waste Management. Berguna untuk mengetahui volume sampah disuatu tempat penampungan bisa dipantau melalui jarak jauh. Petugas kebersihan tak perlu mendatangi satu per satu tempat sampah untuk memeriksanya, dan alat mampu mendeteksi bila seseorang membuang sampah yang tidak sesuai pada tempatnya. Contoh, bila seseorang membuang sampah plastik ke tempat organik, alat ini akan berbunyi.

Ketiga, Smart Electricity. Alat ini akan membantu penyedia layanan untuk mengetahui langsung data pemakaian listrik pengguna tanpa harus mengirim petugas untuk memeriksa ditempat.

Keempat, Smart Smorking. Ini mampu menjadi solusi untuk masyarakat agar mempermudah memprediksi kabut asap dan udara segar.

Sementara itu Ridwan Helmi salah satu siswa yang membuat produk inovasi ini menyampaikan bahwa para pengunjung begitu antusias untuk melihat dan menanyakan tentang inovasi smart city ini.

Lebih Lanjut, Ridwan menyampaikan perasaaan yang sangat bahagia karena Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat Adib Alfikri menyampaikan pujian dan rasa kagum kepada SMA IBS RJ yang berhasil menciptakan inovasi baru, semoga produk inovasi ini membantu pemerintah untuk mewujudkan kota yang sehat dan ramah lingkungan.

Stand kota Payakumbuh yang bernomor 10 itu, terlihat begitu ramai dan menjadi stand favorit para pengunjung. Terlihat mulai dari Pejabat Pemerintah, Mahasiswa dan masyarakat tak henti-hentinya melihat produk Eco Smart City, sebuah produk inovasi yang sangat dibutuhkan untuk kondisi kota  yang sesak dan pengap seperti saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *