Kategori
berita

IGTK Kec Kampar Study Banding ke TK Raudhatul Jannah

(04/11) Sebanyak 80 guru yang terhimpun dalam Ikatan Guru-guru TK (IGTK) kecamatan Kampar mengadakan study banding ke TK Islam Raudhatul Jannah (TK I RJ). Kegiatan ini adalah bentuk program tahunan untuk mengembangkan potensi guru dalam berbagai faktor demi kemajuan pendidikan anak usia dini.

Yesi Martafia selaku ketua IGTK kecamatan Kampar menyampaikan TK I RJ adalah TK percontohan kami sangat terpanah melihat sekolahnya. Awal kedatangan kami saja disambut dengan tari dan musik tradisional yang dimainkan oleh para murid-murid TK, begitu luar biasa. Dilanjutkan dengan observasi kami ke lokal-lokal, proses pembelajarannya sangat bagus dan menarik. Metode pembelajaran yang berbasis sentra sangat lengkap, mulai dari sentra bermain peran hingga sentra sains semuanya ada.

Setelah berbincang-bincang kepada kepala sekolah, kami banyak mendapatkan informasi-informasi baru. Mulai dari teknik pelaksanaan hingga manajemen pembelajaran. Alhamdulillah, study banding kali kami sangat puas, semoga ilmu yang didapatkan bisa diterapkan di tempat kami mengajar.

Sementara itu Anidar selaku kepala sekolah TK I RJ menyampaikan rasa suka cita, karena bisa sharing dan bersilaturrahmi dengan guru-guru TK se kecamatan Kampar. Tentu kami sangat bergembira ketika ada yang mengunjungi sekolah. Kami tidak akan tertutup kami akan memperlihatkan dan menyampaikan apa-apa saja yang diminta dan dipertanyakan. Karena memang ini adalah bagian dari dakwah. Sesuai dengan prinsipnya bahwa kebaikan itu harus dibagi dan disebarkan, ujarnya.

TK I RJ adalah salah satu sekolah tertua yang ada di Payakumbuh bahkan Sumatera Barat. bukan hanya umurnya yang tua, namun TK I RJ telah banyak mencetak prestasi mulai dari tingkat kota hingga nasional. Yang paling fenomenal ialah kepala sekolahnya pernah menjadi kepala sekolah TK terbaik tingkat Nasional atas nama H. Misrayeti, berkat prestasinya itu beliau diberi hadiah oleh Yayasan Pendidikan Islam Raudhatul Jannah untuk berhaji ke tanah suci.

Selain prestasi-prestasi yang banyak, TK I Rj satu-satunya TK di kota Payakumbuh yang memiliki sentra lengkap. Sentra balok, sentra bermain peran, sentra Imtaq, sentra seni, sentra persiapan, sentra sains dan sentra memasak.

Ultra selaku ketua pengurus, dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu modal mendasar untuk menjadi guru TK disini adalah punya semangat yang tinggi serta tanggung jawab. Itu yang selalu saya sampaikan kepada para guru, bila bekerja dengan sepenuh hati akan menghasilkan sesuatu yang memuaskan hati.

Alhamdulillah, sampai saat ini TK I RJ menjadi TK yang paling favorit di Payakumbuh, dengan jumlah murid terbanyak. dengan kepercayaan yang terus diberikan para wali murid, kami akan terus berusaha dan memperbaiki segala kekurangan.

Kegiatan Study Banding ini dimulai pukul 08.00, dengan menampilkan bakat para siswa melalui seni musik dan tari tradisional, dilanjutkan acara pembukaan dan perkenalan setelahnya observasi kepada tiap-tiap lokal, diskusi dan tanya jawab, dan diakhiri pemberian kenang-kenangan, acara berakhir sekitar pukul 11.30 WIB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *